Senin, 07 November 2011

Komentar Facebook Segera Masuk Pencarian di Google

Google berencana akan memasukan komentar pengguna Facebook pada hasil pencariaannya, seperti yang sebelumnya dilakukan terhadap Twitter.

Sebelumnya semua Tweets pengguna bisa diketahui ketika nama pengguna dimasukan ke hasil pencarian Google. Kini Google berencana memasukan komentar Facebook ke dalam hasil pencariannya.



Tampaknya perusahaan internet terbesar ini melihat kemungkinan di mana mesin pencarian hasil dapat menghilangkan privasi pada jejaring sosial dan memberikan akses pada semua orang untuk semua update yang dilakukan semua orang pada jejaring sosialnya.

Google menyatakan pengguna Facebook yang bersifat pribadi tetap akan dilindungi, namun setiap komentar publik yang dibuat melalui aplikasi java Facebook akan muncul pada hasil pencarian Google. Agaknya hal tersebut wajar untuk dimasukan ke dalam hasil pencarian.

CBS News mencatat, Google sedang mencoba memperluas jangkauannya ke setiap pengguna umum konten yang saat ini bersembunyi pada robot pencari yang kuat. Hal ini biasanya terjadi pada sistem manajemen konten, seperti yang digunakan Facebook dan situs populer lainnya, yaitu Wordpress dan Drupal.

"Kami akan mengambil tindakan preventif sebagai upaya mencegah terjadinya suatu hal yang tidak diinginkan oleh pengguna," isi situs resmi Google Webmaster Central Blog, seperti dikutip TG Daily, Minggu (6/11/2011).

Tapi beberapa orang tampaknya tidak senang dengan alat pengindeksi terbaru yang dibuat perusahaan asal Montain View tersebut.

Sebenarnya pengembangan merasa khawatir mengenai bagaimana upaya tersebut akan berdampak terhadap kepercayaan pengguna. Kenyamanan pengguna untuk membiarkan komentar mereka di dalam website pribadinya pasti akan terganggu dan cenderung mereka tidak akan pernah membuat sebuah komentar yang tidak baik.

Kemungkinan besar nantinya pengguna tidak ingin mengungkapkan komentar mereka melalui Google dan itu adalah masalah bagi pengembang dan seluruh komunitas web yang ada. (tyo)

sumber :http://techno.okezone.com/read/2011/11/05/55/525359/komentar-facebook-bisa-dicari-di-google

Tidak ada komentar:

Posting Komentar